Benarkah jika permen karet tertelan berbahaya bagi tubuh kita

Bahaya permen karet - Sifat dari permen karet sendiri sebenarnya bukan merupakan makanan, karena permen karet tidak dimakan dan tidak ditelan.Tetapi mitos yang berkembang dimasyarakat kita, permen karet  tertelan dan akan lengket pada usus kita.” Kita perlu tahu bahwa tubuh dapat mencerna sebagian zat yang ada pada permen karet, tapi bukan permen karetnya”. Menurut profesor kedokteran di Johns Hopkins Hospital, yaitu Gerry Mullin.

bahaya permen karet bila tertelan

Permen yang tidak sengaja tertelan, usus kita akan mengurainya dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan karet dalam permen tersebut terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan lilin. Pada dasarnya usus tidak memiliki kemampuan untuk mencerna permen karet.

Meskipun begitu, sistem pencernaan kita punya cara khusus untuk mencerna permen karet, jadi bahaya dari permen karet tertelan mampu diatasi tubuh kita. Berikut cara organ pencernaan kita dalam mengurai permen karet yang tertelan.

Kinerja tubuh menanggulangi permen karet tertelan


1. Kinerja usus


Dalam menanggulangi permen karet  tertelan. Usus akan terus  menggerakkan permen karet tersebut ,hingga membuatnya melewati usus dan keluar dari sistem pencernaan.

Dan Permen karet tadi akan keluar bersama  sisa-sisa makanan lainnya, melalui proses BAB.  Jika dengan mekanisme ini kita bisa terhindar dari bahaya permen karet.

2. Fungsi Air ludah dan bahayanya pada anak


Air ludah memiliki peran dalam membantu mencerna permen karet.  Karna air ludah mampu mengurangi tingkat kelengketan permen karet ketika masuk dalam tubuh kita.

Bahaya permen karet tertelan sendiri muncul ketika kita menelannya dalam  jumlah banyak. Berbahaya karena dapat menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan, terutama pada anak-anak karena jumlah permen karet yang tertelan banyak.


Bagi orang dewasa, tidak perlu terlalu mengkhawatirkan jika permen karet tertelan.


Apalagi jika yang tertelan dalam jumlah sedikit.Pencegahan yang harus anda ambil adalah banyak mengonsumsi air putih. Jika ingin cepat mengeluarkan permen karet yang terlanjur masuk dalam  tubuh.

Nantinya gerakan peristaltik dari usus mampu semakin cepat untuk mengeluarkan prmen karet dari dalam tubuh dan terhindar dari bahaya permen karet.

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik pembahasan...
EmoticonEmoticon