Rabu, 28 Februari 2018

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan - Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Minyak zaitun atau yang juga disebut dengan olive oil merupakan minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. 24% pada minyak zaitun terdiri dari lemak jenuh, omega 6, dan asam lemak omega 3. Asam lemak yang terbanyak dalam minyak zaitun adalah asam oleat yang diyakini dapat membantu mengurangi peradangan.

Dibandingkan dengan minyak kelapa murni, minyak zaitun lebih banyak memiliki lemak baik. Sekitar 11 g lemak tak jenuh tunggal dan 1 g lemak tak jenuh ganda terkandung dalam satu sendok makan minyak zaitun. Sedangkan pada minyak kelapa, dalam satu sendok makan mengandung 0,1 g lemak tak jenuh tunggal dan 0,25 g lemak tak jenuh ganda.

Minyak Zaitun, tentunya salah satu miyak untuk menurunkan kolestrol

Nah, dari ulasan di atas pasti bisa terlihat kalau minyak zaitun memiliki manfaat yang baik, untuk lebih jelas lagi, berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan:

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan


~ Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menurunkan kolesterol karena minyak zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) tapi kadar kolesterol baik (HDL) masih dipertahankan dalam tubuh. Cara menurunkan kolesterol tinggi menggunakan minyak zaitun cukup mudah, kamu bisa langsung mengkonsumsi setiap hari 2 sendok makan minyak zaitun. Jika tidak suka dikonsumsi secara langsung, kamu bisa mencampurnya dengan salat atau bisa juga digunakan untuk menumis sayur.

~ Selain kolesterol tinggi, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

~ Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang selanjutnya adalah penyakit jantung. Kandungan polifenol yang terdapat pada minyak zaitun berperan dalam pencegahan penyakit jantung. Mencegah terjadinya penyakit jantung dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kurang lebih 4 sendok makan minyak zaitun setiap harinya.

~ Menjaga pola hidup dan khususnya pola makan yang sehat dengan menambahkan minyak zaitun di dalamnya dapat meningkatkan kadar antioksidan pada tubuh. Dengan meningkatnya kadar antioksidan dalam tubuh, maka secara tidak langsung hal itu sudah merupakan tindakan pencegahan kanker.

~ Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang lain adalah untuk menghindari obesitas atau kelebihan berat badan. Minyak zaitun tidak menambah berat badan saat dikonsumsi dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dapat mencegah atau menghindari obesitas. Minyak zaitun yang mengandung antioksidan yang tinggi ini dapat membantu pengolahan lemak di dalam tubuh. Dengan pengolahan lemak yang baik tersebut maka akan berdampak baik dalam menjaga berat badan.

~ Mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin memiliki resiko terkena stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun.

Dalam penggunaan minyak zaitun di atas, harus diamati terlebih dulu kondisi tubuh agar tidak timbul hal yang tidak diinginkan.
Ada beberapa jenis minyak zaitun yang dikelompokkan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasaman, yaitu:

  • Extra virgin olive oil diekstrak langsung dari buah zaitun yang hanya diproses dengan perasan pertama buah zaitun. Minyak zaitun terbaik ini mengandung kadar keasaman 1%
  • Virgin memiliki juga hasil perasan pertama dengan kadar keasaman 3%.
  • Fino merupakan jenis minyak zaitun campuran extra virgin dan virgin.
  • Pure merupakan minyak zaitun yang dibuat dari campuran zaitun virgin yang sudah diolah dan juga extra virgin.
  • Light merupakan jenis minyak zaitun yang sudah melalui proses penyaringan yang hasilnya mempengaruhi warna minyak zaitun.

Nah, dari penjelasan di atas tadi bertapa banyaknya manfaat minyak Zaitun untuk kesehatan kita, mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini semoga artikel ini bermanfaat. 

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik pembahasan...
EmoticonEmoticon