Inilah Penyebab Badan Lemas Dan Lesu yang Harus Diketahui

Memiliki tubuh sehat dan selalu fit memang dambaan semua orang. Namun sayangnya terkadang oleh suatu sebab, mengalami gangguan kesehatan. Rasanya pasti tidak nyaman, aktifitas menjadi terbengkalai karenanya.

berolah raga

Badan lemas melakukan aktifitas terutama berkerja sangat terganggu sekali, maka kita harus menjaga kesehatan badan kita biar terhindar dari hal buruk tersebut. Banyak sekali penyebab badan lemas dan lesu entah itu karena faktor kehidupan lingkungan kurang sehat.

Ada beberapa penyebab, mengapa tubuh mengalami kondisi demikian, berikut ulasannya.

1] Stres

Yang dimaksud di sini adalah keseimbangan antara pola kerja hati dan otak tidak seimbang, tersebab mengalami tekanan. Biasanya terjadi pada orang-orang dengan tingkat kesibukan tinggi akibat pekerjaan, karena lingkungan keluarga, misalnya : kekasih atau pasangan hidup, orangtua, anak-anak, hingga lingkungan sekitar seperti : tetangga, teman sekolah atau teman kerja.

2] Kurangnya istirahat

Kelelahan yang berkepanjangan tanpa ada istirahat yang teratur, juga ditengarai pemicu badan lemas dan lesu. Tenaga manusia bukankanlah mesin robot, yang tak mengenal istilah lelah. Tubuh perlu rehat, mengembalikan kembali tenaga yang hilang, setelah seharian berkerja atau melakukan aktifitas.

3] Asupan Gizi Tak Terpenuhi

Makan merupakan upaya manusia mempertahankan kehidupannya, akan tetapi makan secara apakah yang bagus sehingga tubuh tetap selalu sehat? Tentu mengonsumsi jenis bahan makanan yang memenuhi gizi, bukan asal kenyang dan menuruti rasa nikmat dari lidah. Makanan yang mengandung vitamin dan mineral, penting yang diperlukan oleh tubuh dengan berasal dari bahan-bahan alami, di mana cara pengolahannya memenuhi standar kebersihan.

4] Kurangnya Olahraga

Olahraga juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, satu hal yang tidak boleh diabaikan oleh siapapun. Melakukan aftifitas ringan sampai mengeluarkan keringat di pagi atau sore hari, akan mengembalkan fungsi organ-organ tubuh tertentu, berkerja lebih baik. Sehingga perasaan nyaman dan badan bugar didapatkan.

5] Kurangnya Asupan Rohani

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus diperhatikan, sementara kesehatan mental diabaikan. Justru itu wajib dijaga, sebab bila tidak akan merugi. Pikiran adalah pengendali hati dan kehidupan Anda. Jika itu sudah tertanggu, akan mempengaruhi organ tubuh yang lain. Akibatnya tubuh gampang lelah dan kurang bersemangat. Jika pikiran buruk lebih dominan menggerakkan hati dan perilaku manusia, bukan tidak mungkin semua penyakit yang pada dasarnya sudah di depan pintu, akan bebas masuk ke tubuh, karena Anda mengabaikan kesehatan. Asupan rohani dapat diperoleh dari :

  • Melakukan perjalanan liburan bersama orang-orang tercinta atau sendiri, agar mendapat ketenangan hati dan perasaan senang. Atau berkumpul dengan keluarga, itu juga penyemangat hidup seseorang.
  • Memperbanyak amal ibadah kepada sang khalik, supaya hati dan pikiran damai. Medekatkan diri pada Tuhan, merupakan kewajiban seorang hamba. Sebab Dia pemilik kehidupan serta penentu untuk setiap rencana manusia. Dan tahukah Anda, orang yang gagal meraih mimpinya, besar kemungkinan mengalami apa yang namanya stres, bila tak memiliki iman yang kuat di hati. Dan beban pikiran berlebih menyebabkan lesu juga kurang bersemangat, malas melakukan apapun.
  • Mengerjakan hobi yang bermanfaat, sehinga tak hanya pendapatan yang didapat, apresiasi dari orang-orang sekeliling akan semakin mengukuhkan keercayaan diri, bahwa menjadi orang bermanfaat bagi yang lain itu membanggakan. Hobi ini bisa berupa pekerjaan sesuai passion, misalnya : berbisnis, menulis, melukis, dan lain sebagainya.

Satu hal yang harus Anda pahami adalah jiwa yang mengalami letih lelah, akan mengakibatkan tubuhpun kehilangan semangat dan gairah. Oleh sebab itu merawat kesehatan jiwa sendiri juga sangat perlu. Karena bila terlanjur sakit, berpengaruh besar dalam kehidupan seseorang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Penyebab Badan Lemas Dan Lesu yang Harus Diketahui"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik pembahasan...