Minggu, 01 April 2018

7 Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil - Salah satu buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah alpukat. Buah yang bernama latin Persea Americana dan berasal dari Mexico ini mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

Buah alpukat adalah salah satu buah yang di manfaat kan sebagai minuman jus alpukat, tentunya di warung makan minuman jus ini pasti ada. Buah alpukat selain sebagai minuman jus buah ini juga banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, apa sajakah manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ? berikut ini ulasannya untuk anda.

7 Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil


1.Mencegah anemia

Kekurangan zat besi bisa saja terjadi pada wanita yang sedang hamil. Keadaan ini akan menyebabkan ibu hamil tiba-tiba pingsan dan terkadang merasa pusing, ini adalah pertanda dari gejala anemia. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil disarankan agar mengkonsumsi buah alpukat secara teratur untuk meningkatkan kadar zat besi yang ada di dalam tubuhnya. Tidak perlu mengkonsumsi buah alpukat dalam jumlah yang banyak, asal teratur setiap hari, beberapa potong saja sudah cukup untuk mencegah serangan anemia.

2.Sebagai asupan kalsium

Saat hamil, tubuh akan membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak, dan salah satu asupan gizi yang dibutuhkan adalah kalsium. Selain itu, manfaat kalsium untuk ibu hamil ialah sebagai zat yang berperan penting dalam membangun dan membentuk tulang pada janin. Untuk menjaga agar asupan kalisum ini tetap tercukupi, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat secara teratur setiap hari.

3.Pembentuk sel darah merah

Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin K. Vitamin ini, sangat bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, vitamin K juga diketahui berperan dalam pembentukan tulang pada janin. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi buah alpukat.

4.Menghindari cacat syaraf pada janin

Selain berperan penting dalam pembentukan tulang pada janin, buah alpukat juga merupakan sumber dari asam folat yang berguna untuk mencegah cacat syaraf pada janin. Ibu hamil dianjurkan untuk meminum jus alpukat dengan dosis setengah cangkir setiap harinya.

5.Mengatasi kram

Wanita yang sedang hamil seringkali mengalami kram di tangan ataupun di kakinya. Hal ini, dianggap sebagai sebuah hal yang wajar pada masa kehamilan. Namun tentunya kewajaran yang demikian lebih baik cegah, dari pada membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Cara untuk mencegah masalah kram pada masa kehamilan salah satunya dengan menyantap buah alpukat. Buah ini memiliki kandungan potasium yang bermanfaat untuk membantu dalam mencegah atau mengobati rasa kram atau nyeri selama masa kehamilan.

6.Mencegah deformitas

Apa itu deformitas ?

Deformitas ialah kondisi dimana gigi tetap tumbuh dengan susunan yang tidak teratur. Hal Ini disebabkan karena kelainan yang terjadi pada rahang. Untuk menghindari kemungkinan bayi terkena deformitas, maka selama kehamilan, sang ibu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Karena selain bermanfaat untuk mencegah cacat syarat, asam folat yang terdapat pada buah alpukat, juga berguna dalam proses perkembangan organ tubuh bayi saat dalam kandungan.

7.Meningkatkan fungsi pencernaan

Saat masa-masa akhir kehamilan, biasanya ibu hamil akan sering mengalami sembelit disebabkan oleh fungsi pencernaan yang mulai menurun. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil memerlukan tambahan serat yang berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain mengandung banyak nutrisi dan vitamin, buah alpukat juga merupakan sumber serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja usus pada ibu hamil.

Nah, itulah beberapa alasan yang menjadikan buah alpukat sebagai buah yang wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsilah buah ini secara teratur untuk mendapatkan segala manfaat yang dikandungnya.

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai topik pembahasan...
EmoticonEmoticon